Strategi Negosiasi Aliansi Driver Gojek dengan Perusahaan - HadaCircle

Sabtu, November 24, 2018

Strategi Negosiasi Aliansi Driver Gojek dengan Perusahaan

Strategi Negosiasi Aliansi Driver Gojek dengan Perusahaan
Strategi Negosiasi Aliansi Driver Gojek dengan Perusahaan

Pratinjau:



Unduh


Negotiation - Strategy
Humaedi Suhada (L1B016032) ~ Semester V Ilmu Komunikasi Universitas Mataram 2018
I. Masalah
Gojek menjadi perusahan ternama dalam bisnis transportasi online. Nilai saham melejit, jumlah driver kian meningkat dan bisnis tumbuh dalam performa terbaik. Seiring dengan berjalannya waktu, Gojek merubah sharing profit antara driver dengan Pihak Gojek. Awalnya sharing profit adalah 10% namun saat ini menjadi 20%. Hal ini dirasakan sangat merugikan driver. Selain itu, terdapat penertipan dan semakin dikembangkannya sistem monitoring bagi drivers melalui berbagai pembatasan aturan yang cukup merugikan seperti ketatnya sistem rating dan review dan Gojek disinyalir mengacak sistem order yang mengakibatkan kesulitan dalam mencapai poin bonus. Namun disamping itu, Gojek melakukan penyesuaian tarif transportasi online sesuai peraturan Kemenhub dalam hal ini adalah kenaikan tarif yang bisa menguntungkan driver.
Anda adalah negosiator, yaitu pihak yang akan mewakili aliansi driver Gojek untuk melakukan negosiasi dengan pihak Gojek dan memperjuangkan hak dan kesejahteraan driver agar lebih baik.
II. Analisis Masalah & Situasi (Analisis SWOT)
INTERNAL Strengths Weaknesses
EXTERNAL
Opportunities Strategy S-O (Kekuatan untuk Dijadikan Peluang Memenangkan Negosiasi dengan Pihak Gojek) Strategy W-O (Strategi Memanajemen Kelemahan untuk Menciptakan Peluang Baru)
Threats Strategy S-T (Kekuatan untuk Menghadapi Ancaman) Strategy W-T (Memanajemen Kelemahan untuk Memprediksi Ancaman)

a) Faktor-faktor Internal
o Strength(s)
 Driver merupakan kekuatan utama Gojek sejak awal berdiri hingga sekarang.
o Weakness(es)
 Belum tercapainya organisasi yang solid antar Driver Gojek yang bisa digunakan untuk menekan perusahaan secara efektif.
b) Faktor-faktor Eksternal
o Opportunity(es)
 Kesatuan pendapat dari mayoritas Driver bahwa harus terjadi perubahan regulasi yang mengatur pendapatan Driver.
o Threat(s)
 Ancaman kegagalan negosiasi.
c) Analisis Strategi
o SO
 Aliansi harus membentuk struktur organisasi yang kuat kemudian merumuskan rencana untuk mencapai kesepakatan dengan perusahaan.
o ST
 Mengarahkan anggota aliansi dengan maksimal agar tujuan aliansi untuk diakomodasi oleh perusahaan bisa tercapai dengan baik dan bukan justru menjadi kerugian bagi anggota aliansi.
o WO
 Menguatkan organisasi dan manajemen di dalam aliansi dan melakukan persiapan yang matang serta mempersiapkan data-data untuk dirundingkan dengan perusahaan.
o WT
 Membentuk formasi team yang terbaik dari anggota aliansi untuk dihadapkan pada perusahaan dalam rangka negosiasi.
III. Analisis Lawan Negosiasi (Analisis SWOT)
a) Strength(s)
a. Brand image yang sangat kuat dan diingat oleh konsumen.
b. Mudah di temukan dan dioperasikan, karena berbasis aplikasi online.



b) Weakness(es)
a. Semenjak munculnya gojek makan muncul juga pesaing-pesaing lainnya seperti Grab Bike dan Uber sehingga menjadi kelemahan.
b. Karena berbasis online maka akan sulit untuk memanajemen driver (sebutan pengemudi gojek).
c) Opportunity(es)
a. Melakukan kerja sama dengan banyak perusahaan-perusahaan besar seperti XXI dan toko-toko makanan untuk penyediaan layanan go-food.
b. Pemberian diskon atau potongan harga pada setiap event-event tertentu dapat menjadi kesempatan untuk menambah kepercayaan masyarakat.
d) Threat(s)
a. Gojek adalah developer pertama atau pioneer dari segi ojek berbasis online sehingga akan terus mendapat perlawanan dari pesaing-pesaing nya sehingga akan membutuhkan kerja keras agar dapat bersaing di pasar ojek berbasis online.
IV. Best Alternative for Negotiation Agreement (BATNA)
a) Meminta kepastian terhadap perusahaan tentang sistem pengacakan order pada aplikasi Gojek, dan apabila terbukti benar, maka permintaan dari aliansi ialah agar kebijakan sistem pengacakan order tersebut dihentikan, dan sebagai tindakan penyeimbangnya ialah dengan membatasi penerimaan driver baru atau solusi lain yang lebih baik.
b) Perusahaan dapat terus menerapkan program monitoring namun dengan catatan harus mengembalikan profit sharing ke 10%.
V. Strategi Negosiasi dengan Perusahaan
a) Membentuk tim khusus dan terorganisir secara efektif dari anggota aliansi untuk mengumpulkan pendapat, data, dan hal lain yang akan memenangkan negosiasi dengan perusahaan.
b) Membuat draft pandangan/usulan dari aliansi ditujukan kepada perusahaan.
c) Meminta perusahaan membentuk tim khusus untuk berinteraksi dengan tim aliansi dalam hal negosiasi.
d) Menyampaikan draft ajuan yang isinya ialah materi negosiasi untuk mencapai kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak, yaitu dengan mengembalikan regulasi-regulasi driver seperti semula (menghapus semua kebijakan perusahaan yang terbukti merugikan driver, dan menawarkan solusi bagi perusahaan untuk tetap menjaga keuntungan dengan menghentikan sementara rekrutmen driver baru/menetapkan batas jumlah driver dan mitra).
e) Jika tuntutan utama di atas menemui jalan buntu, maka yang selanjutnya akan diperjuangkan adalah tuntutan/rencana alternatif (BATNA) sebagai pilihan terakhir yang harus diperjuangkan oleh aliansi Driver Gojek.

Terimakasih, mohon maaf atas segala kekurangan dalam tugas ini.
Comments


EmoticonEmoticon