Integrated Marketing Communication dalam Strategi Pemasaran Produk Mentos Tahun 2016 - HadaCircle

6 April 2019

Integrated Marketing Communication dalam Strategi Pemasaran Produk Mentos Tahun 2016

Integrated Marketing Communication dalam Strategi Pemasaran Produk Mentos Tahun 2016
Oleh Humaedi Suhada (L1B016032)

Dalam penerapannya, IMC terdiri dari 5 komponen utama yang disebut Promotion Mix. Berikut ini merupakan hasil analisis Integrated Marketing Communication dalam Strategi Pemasaran Produk Mentos (Tahun 2016).

1. Public Relation
Perfetti Van Melle yang merupakan perusahaan produsen manisan dan salah satunya adalah Mentos, mendirikan kantor cabang di seluruh negara yang menjual produk mereka, termasuk di Jakarta, Indonesia untuk mempermudah komunikasi antara perusahaan dan pemerintah. Perusahaan juga membuka website berbasis negara, untuk memudahkan konsumen mengajukan pertanyaan atau saran dalam kaitannya dengan menjalin komunikasi dengan pelanggan.

2. Advertising
Mentos merupakan salah satu produk yang sering membuat kampanye iklan unik di media digital semisal YouTube, seperti yang paling fenomenal yaitu video iklan “Mentos Mentors | Its easy to connect, with a little help.” Yang telah ditonton sejumlah 5,3 Juta kali sampai hari ini. Perusahaan berhasil membuat orang “senang dan mencari iklan mereka untuk ditonton”.

3. Personal Selling
Mentos memiliki merchandiser dan distributor di setiap daerah/kota untuk memasarkan dan mendistribusikan produk ke retail kecil sampai besar. Menggandeng beberapa minimarket, supermarket, dan hypermarket untuk memasarkan produk mereka.

4. Sales Promotion
Mentos juga sering mendanai acara-acara dan kampanye-kampanye produk makanan.

5. Direct Marketing
Mentos juga mengirimkan pembaruan produk melalui email kepada konsumen yang telah berlangganan info melalui websitenya.

6. Interactive/Internet Marketing
Mentos memiliki website dan media sosial berbasis negara dan seringkali mengajak konsumen berinteraksi melalui kolom komentar di media social atau dengan membuat kontes-kontes via internet.

Daftar Pustaka
https://www.academia.edu/34021735/TINJAUAN_PUSTAKA_2.1_Komunikasi_Pemasaran_Terpadu_Integrated_Marketing_Communication_atau_IMC di unduh pada 5 April 2019 pukul 22:10 WITA
https://www.youtube.com/watch?v=r5k0AkSmF-M di unduh pada 6 April 2019 pukul 15.26 WITA
https://www.youtube.com/watch?v=tbr_420SDPQ di unduh pada 5 April 2019 pukul 22:13 WITA


Teknik Kehumasan

Comments


EmoticonEmoticon