Keberhasilan Produk E-Print dalam Penerapan Strategi Digital MPR

Keberhasilan Produk E-Print dalam Penerapan Strategi Digital MPR

Digital Marketing PR
Di era digital, kemampuan suatu perusahaan dalam mengolah konten PR sangat diuji. PR di era digital sekarang ini dituntut untuk mampu membuat, mengolah dan membangun relasi dengan warganet. Maka dari itu, inovasi dan kreativitas menjadi kunci dalam membangun citra positif di dunia maya.

PR yang inovatif dan kreatif akan membuat perusahaan lebih dikenal oleh publik dengan citra dan persepsi yang positif di tengah perkembangan teknologi media yang sangat dinamis. Digital PR juga meningkatkan iklim kompetitif dalam dunia PR.

Berbagai cara mengukur keberhasilan penerapan strategi digital PR di antaranya dengan mengukur seberapa banyak pemberitaan media digital terhadap suatu perusahaan atau brand yang tercapture melalui mesin pencari, seperti google.com dengan tools "News" sepanjang 1 tahun terakhir, atau menggunakan data yang lebih detail menggunakan layanan Google Analytics, Google Webmaster, Bing Webmaster atau Facebook Pixel.

Keberhasilan kampanye digital juga diukur menggunakan parameter Social Engagement Aspect menggunakan beberapa sosial media untuk mendapatkan data intensitas komunikasi dua arah yang terjadi antara perusahaan dengan followernya. Juga ada paramater Digital Mention Aspect yang mengukur seberapa banyak penyebutan atau mention oleh warganet pada status atau postingan mereka di beberapa sosial media.


Strategi Marketing PR Digital produk E-Print

Setelah lebih dari 10 tahun berkecimpung di penjualan produk tinta printer melalui pasar konvensional, E-Print melakukan peningkatan aktivitas PR melalui media digital. Hal ini dapat dilihat dari keseriusan mereka membangun halaman digital seperti situs resmi dan berbagai akun media sosial. Semua hal tersebut dikerahkan untuk menciptakan kesadaran merk perusahaan di benak masyarakat.

Dunia digital mempermudah orang-orang untuk melintasi hambatan jarak dan waktu, maka E-Print juga mengembangkan fitur e-commerce yang user friendly dan mudah diakses oleh semua golongan.

E-print juga melakukan pengoptimalan SEO dengan merancang keyword-keyword sederhana dan mdah diingat serta spesifik seperti tinta foto, kertas foto, tinta infus, dan lain sebagainya. Situs resmi e-print.co.id juga secara rutin mempublikasikan artikel seputar tinta dan printer atau tips-tips mencetak dokumen. Selain itu, ada juga kuis interaktif untuk followersnya setiap minggu yang merupakan agenda rutin yang harus dilakukan oleh tim IT E-print.

Saat isu atau pemberitaan negatif termuat terkait brand E-print, maka tim IT akan segera menganalisa dan menanggapi kasus tersebut. Jika berita tersebut berkaitan dengan produk, tim akan meminta bagian terkait untuk segera melakukan pengujian produk di lab dan konsumen yang merasa kecewa secepatnya akan mendpatkan hasil pengujian lab tersebut dan mendapatkan kompensasi seperti penggantian barang dan lain sebagainya.


Humaedi Suhada

0 komentar

Posting Komentar