Konstruksi Makna dan Pencitraan Visual dan Verbal pada Iklan Samsung Galaxy: The Future

Analisis Konstruksi Makna dan Pencitraan Visual dan Verbal pada Iklan Samsung Galaxy: The Future

Samsung meluncurkan iklan di hampir setiap negara konsumennya, termasuk Indonesia. Iklan yang diluncurkan di internet dan televisi ini bertajuk "Samsung Galaxy:The Future". Dalam iklan ini, Samsung memadukan imajinasi orang-orang akan teknologi masa depan dengan teknologi nyata yang telah ada, dikemas dalam perangkat smartphone yang akan menciptakan realitas media bahwa Samsung merupakan perusahaan yang paling memahami perkembangan teknologi dan yang paling cepat untuk mencapai teknologi masa depan karena dalam iklan diperlihatkan sebagian visual teknologi yang sifatnya masih berupa ide atau prototipe dipadukan dengan teknologi-teknologi muktahir yang telah dicapai oleh Samsung. 

Samsung Galaxy: The Future


Dalam iklan diperlihatkan hologram projector dan digital assistant yang merupakan representasi dari visual-visual yang biasa diperlihatkan dalam film-film fiksi ilmiah. Kemudian painting assistant, double screen technology, dan micro sound detector yang merupakan teknologi muktahir yang telah ada di masa sekarang. Lalu enhanced visual reality  yang merupakan arah pengembangan dari teknologi visual reality yang telah ada sekarang.

Dari sisi verbal Samsung mengkontruksikan makna dan melakukan pencitraan bahwa produknya merupakan produk yang futuristik dengan memilih lagu tema berjudul "que shera shera" yang berisi lirik tentang seorang anak yang berimajinasi tentang masa depannya. Samsung juga menyematkan slogan "what we create today, lets you create the future.", yang artinya apa yang kami (Samsung) buat hari ini, membuatmu bisa merasakan masa depan.

Iklan diakhiri dengan tullisan "#DoWhatYouCant" yang artinya lakukan apa yang kamu belum bisa, Samsung mengkonstruksikan makna dibenak khalayak bahwa jika mereka memakai produk Samsung, mereka bisa melakukan hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya.


Oleh:
Shoji Duwi Sandini

0 komentar

Posting Komentar